Minggu, 13 Juli 2014

DENVER DEVELOPMENTAL SCREENING TEST (DDST)

DENVER DEVELOPMENTAL SCREENING TEST (DDST)

            Denver II adalah revisi utama dari standardisasi ulang dari Denver Development Screening Test (DDST) dan Revisied Denver Developmental Screening Test (DDST-R).
            Denver II digunakan sebagai metode penilaian perkembangan anak yang meliputi 4 hal yaitu: personal sosial, motorik kasar, bahasa, dan motorik halus.
Nah, bagi anda yang membutuhkan grafik Denver II versi Bahasa Indonesia, silahkan download gratis grafik Denver II pada link di bawah atau klik pada gambar grafik Denver II.

CONTOH FORMAT PENGKAJIAN
DEVELOPMENTAL SCREENING TEST II

Nama Mahasiswa        :
NIM                            :
Kelas                           :

1.  IDENTITAS ANAK
     Nama                            :    Nadatul Istikoma.
     Tanggal lahir                :    Badung, 14 Februari 2005
     Jenis kelamin              :      Perempuan
     Agama                          :     Kristen Katolik
     Pendidikan                    :     TK
     Alamat                          :     Denpasar

2.  IDENTITAS ORANG TUA
     Nama                            :    Firman
     Tanggal lahir                :    13 Januari 1975
     Jenis kelamin                :    Laki-laki
     Agama                          :    Islam
     Pendidikan                    :    S1
     Pekerjaan                      :    Swasta                      
     Alamat                          :    pasarwajo
3.  RIWAYAT PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN
a.  Pesonal sosial/kemandirian begaul
Pengasuh (guru) mengatakan bahwa anak sudah mampu bersosialisasi dan berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. Anak juga sudah mengenal dan mengetahui semua nama teman-teman di kelasnya dan anak juga sudah mampu bekerjasama dengan teman-temannya dengan cukup baik dalam bermain dan saat belajar.
b.  Motorik Halus
Pengasuh (guru) mengatakan bahwa anak sudah mampu menggambar, mewarnai, menulis dan sedikit membaca. Anak juga sudah mampu mengerjakan pekerjaan rumah dengan cukup baik.
c.  Bahasa
Pengasuh (guru) mengatakan bahwa anak dapat berkomunikasi dengan baik dan menggunakan bahasa Indonesia dengan lancar. Walaupun masih terdapat kesalahan-kesalahan kecil.
d. Motorik Kasar
Pengasuh (guru) mengatakan bahwa anak ini merupakan anak yang cukup aktif dan lincah dalam mengikuti kegiatan permainan yang di adakan.

4.  PENGHITUNGAN UMUR
Tanggal test             :    2010-10-09
Tanggal lahir            :    2005-02-14    
Umur anak               :    5 tahun 7 bulan 26 hari          5 tahun 8 bulan

5.  PELAKSANAAN TEST DDST II
SEKTOR
RESPON ANAK
KESIMPULAN
Personal sosial

·     Anak dapat mengambil makannan sendiri
·     Anak dapat menggosok gigi sendiri
·     Anak dapat bermain ular tangga/kartu
Anak dalam batas normal dan tidak mengalami keterlambatan dalam perkembangan personal sosial.
Motorik halus



·     Anak dapat mencontoh menggambar kotak
·   Anak dapat menggambar orang dengan 3 bagian
·   Anak dapat menentukan mana garis yang lebih panjang
·   Anak dapat membuat tanda tambah (+)
Anak dalam batas normal dan tidak mengalami keterlambatan dalam perkembangan motorik halus.
Bahasa


·                     Anak dapat mengartikan 7 kata
·   Anak dapat menyebutkan 2 kata yang berlawanan
·   Anak dapat menghitung khusus (1-10)
·   Anak belum mengetahui 3 jenis-jenis kata sifat
Anak dalam batas normal dan tidak mengalami keterlambatan dalam perkembangan bahasanya.
Motorik kasar

·   Anak dapat berjalan dengan menjinjit
·   Anak dapat berdiri dengan 1 kaki selama 5 detik
·   Anak mampu berdiri dengan 1 kaki dalam 6 detik
Anak dalam batas normal tidak mengalami keterlambatan dalam perkembangan motorik kasar.

6.  INTERPRETASI HASIL TEST DARI DDST II
Anak dapat melakukan semua item yang di minta dengan baik sehingga anak dinyatakan lulus (P). Anak mendapatkan skor A pada beberapa item yang ditunjukan bahwa anak mengalami perkembangan lebih. Walaupun ada beberapa item anak gagal (F), namun masi dalam batas normal.

7.  KESIMPULAN DARI KEEMPAT SEKTOR
Anak dapat melakukan semua item yang ditunjukan. Dapat disimpulkan bahwa anak mengalami perkembangan personal sosial, motorik halus, bahasa dan motorik kasar dengan baik dan normal sesuai dengan umurnya.

8.  SARAN KEPADA ORANG TUA/PENGASUH
Anak sudah mengalami perkembangan yang normal. Walaupun begitu diharapkan kepada orang tuanya untuk selalu mengawasi perkembangan anaknya agar tidak terjadi kesalahan dan orang tua juga harus menuntun anaknya dalam beberapa item yang belum mereka pahami sperti : mengajarkan beberapa kata sifat yang belum mereka ketahui.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar