DENVER
DEVELOPMENTAL SCREENING TEST (DDST)
Denver II adalah revisi utama dari
standardisasi ulang dari Denver Development Screening Test (DDST)
dan Revisied Denver Developmental Screening Test (DDST-R).
Denver II digunakan sebagai metode
penilaian perkembangan anak yang meliputi 4 hal yaitu: personal sosial, motorik
kasar, bahasa, dan motorik halus.
Nah, bagi
anda yang membutuhkan grafik Denver II versi Bahasa Indonesia, silahkan
download gratis grafik Denver II pada link di bawah atau klik pada gambar
grafik Denver II.
CONTOH
FORMAT PENGKAJIAN
DEVELOPMENTAL
SCREENING TEST II
Nama Mahasiswa :
NIM
:
Kelas
:
1. IDENTITAS ANAK
Nama : Nadatul
Istikoma.
Tanggal lahir : Badung,
14 Februari 2005
Jenis kelamin
:
Perempuan
Agama
: Kristen
Katolik
Pendidikan
: TK
Alamat
: Denpasar
2. IDENTITAS ORANG
TUA
Nama : Firman
Tanggal
lahir : 13 Januari 1975
Jenis kelamin
: Laki-laki
Agama
: Islam
Pendidikan
: S1
Pekerjaan
: Swasta
Alamat
: pasarwajo
3. RIWAYAT
PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN
a. Pesonal sosial/kemandirian
begaul
Pengasuh (guru)
mengatakan bahwa anak sudah mampu bersosialisasi dan berinteraksi dengan
lingkungan sekitarnya. Anak juga sudah mengenal dan mengetahui semua nama
teman-teman di kelasnya dan anak juga sudah mampu bekerjasama dengan
teman-temannya dengan cukup baik dalam bermain dan saat belajar.
b. Motorik Halus
Pengasuh (guru)
mengatakan bahwa anak sudah mampu menggambar, mewarnai, menulis dan sedikit
membaca. Anak juga sudah mampu mengerjakan pekerjaan rumah dengan cukup baik.
c. Bahasa
Pengasuh (guru)
mengatakan bahwa anak dapat berkomunikasi dengan baik dan menggunakan bahasa
Indonesia dengan lancar. Walaupun masih terdapat kesalahan-kesalahan kecil.
d. Motorik Kasar
Pengasuh (guru)
mengatakan bahwa anak ini merupakan anak yang cukup aktif dan lincah dalam
mengikuti kegiatan permainan yang di adakan.
4. PENGHITUNGAN UMUR
Tanggal test : 2010-10-09
Tanggal lahir : 2005-02-14
Umur anak : 5 tahun 7 bulan 26
hari 5 tahun 8 bulan
5. PELAKSANAAN TEST DDST II
SEKTOR
|
RESPON ANAK
|
KESIMPULAN
|
Personal sosial
|
· Anak dapat mengambil makannan sendiri
· Anak dapat menggosok gigi sendiri
· Anak dapat bermain ular tangga/kartu
|
Anak dalam batas normal dan tidak mengalami keterlambatan dalam
perkembangan personal sosial.
|
Motorik halus
|
· Anak dapat mencontoh menggambar kotak
· Anak dapat menggambar orang dengan 3 bagian
· Anak dapat menentukan mana garis yang lebih panjang
· Anak dapat membuat tanda tambah (+)
|
Anak dalam batas normal dan tidak mengalami keterlambatan dalam
perkembangan motorik halus.
|
Bahasa
|
· Anak
dapat mengartikan 7 kata
· Anak dapat menyebutkan 2 kata yang berlawanan
· Anak dapat menghitung khusus (1-10)
· Anak belum mengetahui 3 jenis-jenis kata sifat
|
Anak dalam batas normal dan tidak mengalami keterlambatan dalam
perkembangan bahasanya.
|
Motorik kasar
|
· Anak dapat berjalan dengan menjinjit
· Anak dapat
berdiri dengan 1 kaki selama 5 detik
· Anak mampu berdiri dengan 1 kaki dalam 6 detik
|
Anak dalam batas normal tidak mengalami keterlambatan dalam perkembangan
motorik kasar.
|
6. INTERPRETASI HASIL TEST DARI
DDST II
Anak dapat melakukan
semua item yang di minta dengan baik sehingga anak dinyatakan lulus (P). Anak
mendapatkan skor A pada beberapa item yang ditunjukan bahwa anak mengalami
perkembangan lebih. Walaupun ada beberapa item anak gagal (F), namun masi dalam batas normal.
7. KESIMPULAN DARI KEEMPAT
SEKTOR
Anak dapat melakukan
semua item yang ditunjukan. Dapat disimpulkan bahwa anak mengalami perkembangan
personal sosial, motorik halus, bahasa dan motorik kasar dengan baik dan normal
sesuai dengan umurnya.
8. SARAN KEPADA ORANG TUA/PENGASUH
Anak sudah mengalami
perkembangan yang normal. Walaupun begitu diharapkan kepada orang tuanya untuk
selalu mengawasi perkembangan anaknya agar tidak terjadi kesalahan dan orang
tua juga harus menuntun anaknya dalam beberapa item yang belum mereka pahami
sperti : mengajarkan beberapa kata sifat yang belum mereka ketahui.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar